Hello


Welcome Graphic #135


Senin, 16 Juli 2012

ASAL USUL KEHIDUPAN DI BUMI


ASAL USUL KEHIDUPAN DI BUMI

·       Teori Abiogenesis / Generatio Spontanea
Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles. Teori ini mengandung 2 pengertian yaitu bahwa mahluk hidup berasal dari benda yang tidak hidup dan mahluk hidup terjadi dengan sendirinya ( secara begitu saja ) dari mahluk tak hidup.
·       Teori Biogenesis
Teori ini di kemukakan oleh F. Redi, Spalanzani, L Pasteur. Teori ini menyatakan semua kehidupan berasal dari telur dan semua telur berasal dari sesuatu yang hidup ( omne vivum ex vivo dan omne ovum ex vivo ). Teori ini merupakan kesimpulan dari berbagai percobaan berikut :
Francesco Redi : menempatkan dagi pada toples terbuka dan toples tertutup. Setelah beberapa hari, muncul belatung pada toples yang terbuka sedangkan pada toples tertutup tidak muncul apa- apa.
Lazaro Spallazani: mendidihkan labu dalam kaldu kemudian di tutup rapat- rapat. Setelah beberapa hari kaldu tetap bening dan tidak terdapat apa- apa.
Louis Pasture : memberikan kaldu pada labu dan ditutup kemudia di beri pipa seperti huruf S sehingga mulut labu tetap terbuka. Setelah beberapa hari labu tetap bening dan tidak terdapat apa- apa.

GEOGRAFI KEHIDUPAN
Geografi hewan, terbagi enam daerah geografik, sebagai berikut.
1.      Eropa dan Asia Utara disebut Palaeartic, dihuni antara lain oleh bison dan rusa rein.
2.      Afrika dan Arab disebut Ethiophian, dihuni antara lain oleh gajah Afrika, jerapah dan gorila.
3.      Australia dan sekitarnya, dihuni antara lain oleh kangguru, koala, wombat.
4.      India sampai Indonesia disebut daerah Oriental, dihuni oleh antara lain harimau, gajah India dan kerbau.
5.      Daerah Amerika Utara dan sekitarnya disebut Nearctic, dihuni oleh bison dan semacam rusa rein yang disebut Caribau.
6.      Daerah Amerika Selatan disebut Neotropical dihuni antara lain oleh tapir dan monyet Howler.

Pembagian iklim di dunia terdapat $ macam pembagiannya, yaitu :
1.      Iklim trpis yaitu terletak diantara 23,5’ LU sampai dengan 23,5’LS. Dan salah satunya adalah negara kepulauan republik indonesia yang terletak antara 6’LU/LS sampai 95’ – 141’BT. Indonesia juga memiliki dua musim yang di sebabkan oleh lingkungan sekeliling wilayah indonesia sendiri yang menyebabkan terjadinya musim panas dan musim penghujan.
2.      Iklim Subtropis yaitu terletak diantara 23,5’LU/LS sampai daerah yang terletak pada garis LU/LS 23,5’. Salah satu negara yang beriklim subtropis yaitu adalah negara Amerika Serikat. Negara yang memiliki iklim subtropis memiliki empat musim yaitu musim semi, musim gugur,musim panas, dan musim dingin. Keempat musim ini memiliki karakteristik yang berbeda mulai dari suhu, kelembaban, dan hal ini juga berpengaruh pada kehidupan penduduknya.
3.      Iklim Sedang yaitu terletak diantara 35’LU/LS sampai dengan 66,5’LU/LS. Salah satu daerahnya yaitu daerah Vietnam Utara. Didaerah iklim sedang hanya terdapat dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Musim hujan biasanya terjadi dari bulan november sampe april sedangkan sisanya musim panas.
4.      Iklim Kutub yaitu terletak diantara lintang 66,5’LU/LS sampai dengan 90’LU/LS. Daerah beriklim kutub salah satunya adalah Greenland, dan daerah ini hanya merasakan musim panas yang sejuk dalam waktu sangat singkat karena sisanya adalah musim dingin. Hal tersebut yang selalu menyebabkan tanah di daerah itu selalu tertutupi es.


TEORI EVOLUSI YANG TERJADI PADA MAHLUK HIDUP
  Lamarck : evolusi disebabkan karena adanya adaptasi.
Contoh: leher jerapah menjadi panjang.
  Darwin : evolusi disebabkan oleh seleksi alam.
Contoh: karena seleksi alam, jerapah leher panjang yang jaya, yang leher pendek punah.
  Weismann : evolusi adalah masalah genetika. Jadi, evolusi adalah seleksi alam terhadap faktor genetika.
  De Vries : evolusi disebabkan karena mutasi gen.





UNSUR
Zat Adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Zat bisa berupa zat padat, zat cair dan zat gas. Zat berdasarkan kemurniannya dapat dibagi lagi menjadi tiga, yaitu :
A. Unsur
Unsur adalah suatu zat yang sudah tidak bisa dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
Contoh unsur :
- Unsur Emas / Au (Aurum)
- Unsur Nitrogen / N
- Unsur Platina / Pt
- Unsur Karbon / Carbon / C
B. Senyawa
Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait-mengait.
Contoh Senyawa :
- Senyawa Oksigen / O2
- Senyawa Air / H2O
- Senyawa Alkohol / C2 H5 OH
- Senyawa Garam Dapur / NaCl
C. Campuran
Campuran adalah zat yang tersusun dari beberapa zat yang lain jenis dan tidak tetap susunannya dari unsur dan senyawa.
Contoh Campuran :
- Udara
- Tanah
- Air
----
Tambahan Daftar Istilah / Pengertian / Definisi :
- Pengertian Atom adalah unsur yang merupakan unsur yang terkecil dari suatu zat.
- Pengertian Molekul adalah gabungan dari atom-atom unsur yang berbeda.
Unsur adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Penulisan lambang unsur mengikuti aturan sebagai berikut:
  1. Lambang unsur diambil dari singkatan nama unsur. Beberapa lambang unsur berasal dari bahasa Latin atau Yunani nama unsur tersebut. Misalnya Fe dari kata ferrum (bahasa latin) sebagai lambang unsur besi.
  2. Lambang unsur ditulis dengan satu huruf kapital. 
    1. Untuk Unsur yang dilambangkan dengan lebih dengan satu huruf, huruf pertama lambang ditulis dengan huruf kapital dan huruf kedua/ketiga ditulis dengan huruf kecil.
    2. Unsur-unsur yang memiliki nama dengan huruf pertama sama maka huruf pertama lambang unsur diambil dari huruf pertama nama unsur dan huruf kedua diambil dari huruf lain yang terdapat pada nama unsur tersebut. Misalnya, Ra untuk radium dan Rn untuk radon.
    Pada suhu kamar (25 C) unsur dapat berwujud Padat, Cair,dan Gas, secara umum unsur terbagi menjadi dua kelompok yaitu:
    • Unsur Logam: umumnya unsur logam diberi nama akhiran ium. Umumnya logam ini memiliki titik didih tinggi, mengilap, dapat dibengkokan  , dan dapt menghantarkan panas atau arus listrik.
    • Unsur Non Logam: umumnya memiliki titik didih rendah, tidak mengkilap,kadang-kadang rapuh tak dapat dibengkokkan dan sukar menghantarkan panas atau arus listrik.
    Senyawa adalah zat yang terbentuk dari penggabungan unsur-unsur dengan pembagian tertentu. Senyawa dihasilkan dari reaksi kimia antara dua unsur atau lebih melalui reaksi pembentukan. Misalnya, karat besi (hematit) berupa Fe2O3 dihasilkan oleh reaksi besi (Fe) dengan oksigen (O). Senyawa dapat diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi penguraian.
    Senyawa mempunyai sifat yang berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Senyawa hanya dapt diuraikan menjadi unsur-unsur pembentuknya melalui reaksi kimia. Pada kondisi yang sama, senyawa dapat memiliki wujud berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Sifat fisika dan kimia senyawa berbeda dengan unsur-unsur pembentuknya. Misalnya reaksi antara gas hidrogen dan gas oksigen membentuk senyawa air yang berwujud cair.
    Campuran adalah gabungan dari dua zat atau lebih yang hasil penggabungan nya masih mempunyai sifat yang sama dengan zat aslinya. Misalnya, campuran antara air dan gula menghasilkan cairan yang berasa manis.
    Campuran dapat berupa gabungan unsur, senyawa, atau keduanya. Campuran Homogen memiliki komposisi maupun wujud yang seragam. Misalnya air gula dan santan. Sebaliknya campuran heterogen memiliki komposisi yang tidak seragam. Misalnya, campuran antara air dan pasir. Campuran dapat dipisahikan menjadi zat-zat penyusun berdasarkan perbedaan sifat zat-zat penyusunnya, misalnya dengan penyaringan.
    Penulisan unsur dipermudah dengan adanya lambang unsur. Bagaimana mempermudah penulisan susunan senyawa? Caranya dengan menggunakan rumus kimia, yaitu gabungan lambang unsur sesuai unsur yang menyusun senyawa. Misalnya, lambang unsur natrium adalah Na dan lambang unsur klorin adalah Cl. Jika natrium direaksikan dengan klorin akan menghasilkan senyawa natrium klorida dengan rumus kimia NaCl. Nama umum NaCl ialah garam dapur.
    Energi memiliki berbagai bentuk selain yang kita kenal dalam kehidupan sehari-hari yang biasa sudah jadi kebutuhan publik yaitu bahan bakar yang asalnya dari fosil baik itu BBM (bahan bakar Minyak ) atau Batu bara.  Sebelum ditemukannya bahwa materi bisa menjadi energi dalam Fisika modern bahwa energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Energi hanya bisa berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lain kali ini blogger akan membahas beberapa Bentuk energi alternatif selain fosil. atau macam macam bentuk energi

    Macam-macam bentuk energi tersebut terbiasa kita gunakan atau kita pakai dam kehidupan sehari-hari baik dalam teknologi modern atau teknologi sederhana. Maksudnya dari bentuk energi tersebut bisa juga kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Inilah  sepuluh Bentuk energi alternatif selain fosil :
    1. Energi Kinetik, adalah energi yang dimiliki oleh setiap benda yang bergerak seperti sepeda, mobil motor energi ini bisa digunakan untuk menggerakkan turbin yang memutar generator sehingga disimpan dalam sel akumulator.
    2. Energi listrik, bentuk energi ini adalah bentuk dari energi yang paling praktis digunakan karena mudah dalam transfer atau perpindahan. Hampir semua sisi kehidupan membutuhkan energi listrik. Teknologi elektronik, Komputer alat rumah tangga, telekomunikasi semua membutuhkan listrik.   Sekarang untuk keperluan memasak pun sudah mulai beralih dari energi fosil, dan gas alam ke energi listrik.  
    3. Energi potensial, adalah energi yang tersimpan karena posisi sebuah benda atau energi yang dimiliki karena kedudukan sebuah benda contoh misalnya air yang tersimpan di sebuah bendungan memiliki energi potensial yang sangat besar sehingga bisa dimanfaatkan untuk memutar turbin yang akan menggerakkan generator untuk transfer energi dari potensial ke bentuk energi Listrik. Contoh lain energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh sebuah pegas yang ditarik atau diregangkan, contoh lain adalah energi potensial yang dimiliki oleh busur panah yang sedang ditarik bisa meluncurkan mata panah yang sangat cepat.
    4. Energi cahaya, Matahari sebagai sumber energi dengan panas yang dipancarkan secara radiasi sampai ke bumi adalah sumber energi untuk kehidupan yang dipakai oleh tanaman berchlororofil untuk mengubah zat hara tanah menjadi sumber makanan. Pada akhirnya menjadi sumber makanan pula buat hewan dan Manusia. Dengan teknologi cahaya sebagai bentuk energi sekarang sudah bisa dimanfaatkan untuk diubah menjadi energi listrik, dengan alat yang dinamakan solar cel.
    5. Energi angin, angin sebagai sumber energi di manfaatkan untuk memutar turbin,  turbin yang ditempatkan di daerah-daerah yang hembusan angin  stabil. Negara yang banyak memanfaatkan energi angin untuk diubah menjadi energi listrik adalah Belanda.
    6. Energi Gelombang, energi ini dimanfaatkan di dunia pariwisata untuk berselancar tetapi harus dipilih karakteristik gelombang besar yang tidak mudah pecah misalnya Hawai, Tasmania, Bali, Nias serta Batu Karas. Sekarang Energi gelombang laut digunakan untuk memutar turbin dalam sebuah pembangkit listrik.
    7. Energi Nuklir, adalah salah satu energi alternatif penghasil panas dalam sebuah reaktor yang menghasilkan tenaga listrik jutaan Volt. Kebutuhan akan energi listrik yang sangat besar,  maka menuntut negara-negara Industri besar untuk menggunakan teknologi nuklir seperti Amerika, Jepang dan Prancis.
    8. Energi Nabati, energi yang berasal dari makhluk hidup atau tanaman ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu namun baru sekarang di buat dengan teknologi misalnya minyak jarak untuk pengganti solar, atau minyak sawit sebagai campuran solar. Sekarang minyak jelantah dari limbah rumah makan sudah bisa sebagai bahan bakar bus. Contoh bus Trans Pakuan di kota Bogor. Negara yang sudah banyak memanfaatkan bahan bakar nabati terbesar adalah Brazil.  Kabarnya 40 % kebutuhan energi Nasional dipenuhi oleh minyak nabati. Barazil sebagai penghasil kapas terbesar kedua setelah China memanfaatkan minyak biji kapas yang diambil minyaknya untuk bahan bakar.
    9. Gas methan dari kotoran dan sampah, gas ini berasal dari kotoran hewan yang difermentasi sehingga menghasilkan gas methan yang berfungsi sama dengan gas elpiji sebagai bahan bakar untuk memasak. Teknologi ini sudah biasa dipakai  serta dianjurkan karena ramah lingkungan di daerah peternakan sapi dengan kotoran sapi sebagai bahan baku utamanya.
    10. Tenaga panas bumi, tenaga panas bumi  yang berasal dari aktivitas vulkanologi sekarang dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, sangat bagus karena tanpa polusi atau ramah lingkungan. Negara yang banyak memanfatka teknologi ini adalah Newzealand dan Indonesia juga sebagai negara dengan gunung berapi yang banyak sekarang sudah memanfaatkan energi ini misalnya di Gunung Salak, Kamojang Kab Bandung, Gn Darajat kabupaten Garut

    Cabang - Cabang Ilmu Fisika
    Cabang - cabang dari ilmu fisika, di antaranya :
    Astrofisika 
    Astrofisika adalah cabang astronomi yang berhubungan dengan fisika jagad raya termasuk sifat fisik (luminositas, kepadatan, suhu, dan komposisi kimia) dari objek astronomi seperti planet, bintang, galaksi dan medium antarbintang dan juga interaksinya. Kosmologi adalah teori astrofisika pada skala terbesar.
    Dalam praktik, hampir semua riset astronomi modern mecakup sebagian dari fisika. Nama sekolah program kedoktoran ("Astrofisika" dan "astronomi") di banyak tempat seperti AS seringkali banyak menyangkut sejarah departemen tersebut daripada isi programnya.
    Fisika Atom
    Atom berasal dari bahasa Yunani “atomos” yang artinya tidak dapat dibagi-bagi lagi.
    Suatu benda dapat dibagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, jika pembagian ini diteruskan, maka menurut logika pembagian itu akan sampai pada batas yang terkecil yang tidak dapat dibagi lagi, demikian pendapatDemokritus (460-370-S.M)
    Bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi disebut: ATOM
    Konsep atom yang dikemukakan oleh Demokritus murni sebagai hasil pemikiran semata, tanpa disertai adanya percobaan. Namun gagasan ini telah menjadi pembuka pintu ke arah penemuan baru menuju ke jenjang yang lebih tinggi.
    Gagasan atom Demokritus menjadi tantangan fisikawan-fisikawan untuk mengalihkan perhatiannya ke arah mikrokosmos yang pada saat itu belum terjamah.
    Awal abad ke-19, John Dalton (1766-1844) telah melaksanakan percobaan-percobaan yang menunjang konsep atom.

    Fisika Partikel
    Fisika Partikel Elementer (Elementary Particle Physics)  mengkaji dunia mikroskopik, dunia zarah-zarah, pada jarak yang sangat kecil, jutaan kali lebih kecil dari lebar rambut manusia. Istilah lain yang sering digunakan adalah Fisika Energi Tinggi (High Energy Physics). Sebagian besar orang di Indonesia hanya mendengar atau mengetahui tentang dunia mikroskopik dari media massa atau cerita fiksi ilmiah (seperti serial televisi Star Trek atau film bioskop Star Wars dan Angels and Demons). Banyak yang menganggap bahwa ilmu fisika tentang dunia mikroskopik tersebut adalah khayalan atau teori belaka.  Namun pada kenyataan dunia fisika partikel elementer sudah dikaji fisikawan semenjak awal abad ke-20.  Dalam sejarahnya selama lebih kurang satu abad fisika partikel elementer telah memberikan kontribusi besar pada perkembangan sains (termasuk di luar fisika!) dan teknologi, baik secara langsung melalui penemuan-penemuan pada ranah mikroskopik; maupun secara tidak langsung melalui pengembangan riset dan teknologi untuk mendukung penelitian fisika partikel elementer.











    Ekologi dan dampak iptek terhadap kehidupan manusia
    DEFINISI Ekologi Manusia, menurut Amos H Hawley (1950:67) dikatakan, “Human ecology may be defined, therefore, in terms that have already been used, as the study of the form and the development of the community in human population.” (Ekologi manusia, dengan demikian bisa diartikan, dalam istilah yang biasa digunakan, sebagai studi yang mempelajari bentuk dan perkembangan komunitas dalam sebuah populasi manusia).

    Frederick Steiner (2002:3) mengatakan, “This new human ecology emphasizes complexity over-reductionism, focuses on changes over stable states, and expands ecological concepts beyond the study of plants and animals to include people. This view differs from the environmental determinism of the early twentieth century.” (Ekologi Manusia Baru menekankan pada over-reduksionisme yang cukup rumit, memfokuskan pada perubahan negara yang stabil, dan memperluas konsep ekologi melebihi studi tentang tumbuh-tumbuhan dan hewan menuju keterlibatan manusia. Pandangan ini berbeda dari determinisme lingkungan pada awal-awal abad ke-20). Menurut Gerald L Young (1994:339) dikatakan, “Human ecology, then, is “an attempt to understand the inter-relationships between the human species and its environment” (Dengan demikian ekologi manusia, adalah suatu pandangan yang mencoba memahami keterkaitan antara spesies manusia dan lingkungannya).
    Persamaan dari ketiga definisi yang dikemukakan di atas adalah bahwa pengertian “Ekologi Manusia” merujuk pada suatu ilmu (oikos = rumah/tempat tinggal ; logos = ilmu) dan mempelajari interaksi lingkungan dengan manusia sebagai perluasan dari konsep ekologi pada umumnya.
    Perbedaaan dari ketiga definisi tersebut adalah pada titik tekan (emphasizes) para pakar dalam mendefinisikan “Ekologi Manusia”, yang masing-masing sebagai berikut. Hawley menekankan pada studi tentang bentuk dan perkembangan komunitas dalam sebuah populasi manusia (masyarakat) –dalam kaitannya dengan lingkungan. Steiner menekankan pada era baru ilmu “Ekologi Manusia” yang memperluas dari ekologi yang hanya mempelajari lingkungan tumbuhan dan hewan menuju keterlibatan manusia secara kompleks). Young menekankan pada keterkaitan (interaksi) antara manusia dan lingkungannya saja.
    Ruang lingkup Ekologi Manusia menurut Hawley (1950): “Human Ecology, like plant and animal ecology, represents a special application of the general viewpoint to a particular class of living things. It involves both a recognition of the fundamental unity of animate nature and an awareness that there is differentiation within that unity. Man, as we have seen, not only occupies a niche in nature’s web of life, he also develops among his fellows an elaborate community of relations comparable in many important respects to the more inclusive biotic community.” Jadi ruang lingkup Ekologi Manusia menurut Hawley adalah sebagaimana pernyataannya, “Ekologi Manusia, sebagaimana ekologi tumbuh-tumbuhan dan manusia, merepresentasikan penerapan khusus dari pandangan umum pada sebuah kelas khusus dalam sebuah kehidupan. Ini meliputi dua kesadaran kesatuan mendasar dari lingkungan hidup dan kesadaran bahwa ada perbedaan dalam kesatuan tersebut. Manusia, sebagaimana kita tahu, tidak hanya bekerja dalam sebuah tempat jaringan kehidupan, melainkan dia juga mengembangkan di antara anggota-anggotanya sebuah pengalaman hubungan lingkungan yang sebanding dalam tanggungjawab pentingnya atas lingkungan hidup yang lebih terbuka.”


    Kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingan
    1. Kebutuhan Primer
    Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang benar-benar amat sangat dibutuhkan orang dan sifatnya wajib untuk dipenuhi. Contohnya adalah seperti sembilan bahan makanan pokok / sembako, rumah tempat tinggal, pakaian, dan lain sebagainya.
    2. Kebutuhan Sekunder
    Kebutuhan sekunder adalah merupakan jenis kebutuhan yang diperlukan setelah semua kebutuhan pokok primer telah semuanya terpenuhi dengan baik. Kebutuhan sekunder sifatnya menunjang kebutuhan primer. Misalnya seperti makanan yang bergizi, pendidikan yang baik, pakaian yang baik, perumahan yang baik, dan sebagainya yang belum masuk dalam kategori mewah.
    3. Kebutuhan Tersier / Mewah / Lux
    Kebutuhan tersier adalah kebutuhan manusia yang sifatnya mewah, tidak sederhana dan berlebihan yang timbul setelah terpenuhinya kebutuhan primer dan kebutuhan skunder. Contohnya adalah mobil, antena parabola, pda phone, komputer laptop notebook, tv 50 inchi, jalan-jalan ke hawaii, apartemen, dan lain sebagainya.

    Menyangkut pengalaman pribadi yaitu saat aku jalan –jalan di suatu desa, ada sebagian penduduk yang mengalihkan beras menjadi jagung dan ada juga yang menggantikannya dengan umbi-umbian. Saat harga beras melambung tinggi tak sedikit masyarakat mengganti beras yang menjadi makanan pokok mereka sehari-hari mereka alihkan ke jagung atau umbi-umbian. Kebutuhan yang di maksud adalah kebutuhan tersier yang dimana kebutuhan pokok di ganti dengan bahan pengganti untuk menutupi kebutuhan pokok yang sehari-hari mereka makan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar